Renovasi Kolam Renang? Inilah 5 Proses yang sebaiknya dilalui

14/05/2018

Layaknya rumah, kolam renang yang tidak dirawat dengan baik maka akan mengalami permasalahan. Bahkan, kolam renang yang dirawat dengan baik pun juga tidak bisa terhindar dari masalah. Ketika anda mengetahui bahwa kola enang anda mnegalami masalah maka hal yang harus anda lakukan ialah mencermati masalah yang terjadi itu. Hal tersebut dilakukan supaya anda bisa mengambilkan langkah untuk bertindak secara efektif untuk melakukan perbaikan.  Karena hal ini berkaitan dengan metode yang dibutuhkan dalam renovasi kolam renang tersebut dan juga biaya yang harus anda keluarkan.  Oleh karena itulah anda perlu memperhatikan dan mencermati proses yang berkaitan dengan perbaikan kolam renang tersebut.

Proses Renovasi Kolam Renang

Setidaknya ada lima proses yang harus anda lewati ketika anda hendak merenovasi kolam renang anda. apa saja proses tersebut? Berikut ialah prosesnya.

Serahkan pada Jasa Profesional

Jika anda ingin merenovasi kolam renang anda, maka sebaiknya anda menyerahkan pekerjaan itu semua pada ahlinya. Janganlah anda melakukan pekerjaan itu sendiri, terlebih jika memamng anda tidak mampu dan tidak punya pengalaman yang sama sebelumnya. Jika anda tidak punya kemampuan, saya yakin anda akan lebih nyaman dan percaya pekerjaan tersebut dilakukan oleh ahlinya. Sebaliknya, jika anda menyerahkan renovasi tersebut bukan pada ahlinya, maka bisa jadi ketidakberesan atau bahkan kehancuran akan terjadi.

Lakukan Survey

Lakukanlah pencermatan dan supervise secara menyeluruh dulu, sebelum anda melakukan tindakan tertentu dalam merenovasi kolam renang anda. janganlah terburu-buru dalam mengambil keputusan. Sebelum pekerjaan itu dilakukan anda harus benar-benar memikirkan semua dengan matang. Hal tersebut dilakukan agar pekerjaan yang dihasilkan juga baik dan sesuai dengan yang diinginkan.

Buatlah Perjanjian atau Kesepakatan

Jika berbicara mengenai kesepakatan atau perjanjian, hal tersebut merupakan gerbang pertama dalam sebuah proyek. Dengan kata lain, anda telah mempercayakan pekerjan tersebut kepada pihak kontraktor kolam renang tersebut. Oleh karena proses ini merupakan proses yang penting, anda sebaiknya membuat perjanjian atau kesepatakan ini dengan hitam di atas putih. Sehingga tidak melalui lisan saja, anda perlu membuat itu semuanya baik secara lisan maupun tulisan. Hal ini dibuat untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan dikemudian hari.

Laporan

Setelah anda membuat perjanjian atau kesepakatan, maka hal selanjutnya yang bisa anda lakukan ialah meminta laporan pekerjaan kepada kontraktor kolam renang tersebut. Laporan merupakan salah satu wujud dari pertanggungjawaban dari kontraktor kolam renang tersebut terhadap pemberi kerja. Laporan tersebut juga merupakan hak anda, jadi anda bisa memintanya jika memang tidak  berikan. Dengan laporan tersebut, anda akan mendapatkan informasi kaitannya dengan uraian pekerjaam, metarial yang digunakan dan yang lain.

Serah Terima

Setelah anda mendapatkan laporan pekerjaan, proses terakhir dalam proses perbaikan kolam renang biasannya ialah serah terima pekerjaan. Proses ini merupakan puncak diantaranya rangkaian proses dalam perbaikan kolam renang. Pada proses ini, baik penerima pekerjaan dan pemberi pekerjaan sudah seharusnya melunasi segala kewajibannya. Jika masih ada kurang pembayaran maka harus juga segera diselesaikan.  Jangan sampai pada proses ini, anda masih menyisakan hutang kepada kontraktor.

Itulah lima proses renovasi kolam renang yang bisa anda ketahui. Tahapan tesebut perlu dilalui agar baik anda  dan kontraktor kolam renang mempunyai acuan jelas dalam pengerjaannya dan tidak ada lagi masalah setelah proses selesai.

No Comments

Comments are closed.