Mengenal Fungsi MCB (Miniature Circuit Breaker) Dalam Instalasi Listrik

28/04/2018

Orang yang sering melakukan instalasi listrik tentu saja sangat mengenal MCB atau Miniature Circuit Breaker, alat listrik ini menjadi salah satu komponen yang berperan sangat penting ketika melakukan instalansi listrik rumah. Secara umum, MCB berguna sebagai sistem pelindung atau proteksi dalam proses instalansi listrik apabila terjadi beban berlebih ataupun hubungan singkat arus listrik (korsleting).

MCB yang tidak dapat bekerja secara baik atau mengalami kegagalan, maka dapat menimbulkan resiko yang sangat berbahaya. Seperti memicu munculnya percikan api akibat korsleting yang kemudian dapat berubah menjadi kebakaran. Untuk itu, ada beberapa hal untuk menghindari kegagalan MCB. Seperti memasang MCB secara baik dan benar serta memilih produk MCB yang berkualitas.

Untuk mendapatkan produk MCB (Miniature Circuit Breaker) yang berkualitas, tentu anda membutuhkan tempat yang tepat yang menyediakan MCB bermerk. Salah satu tempat yang menjual MCB berkualitas adalah Sinar Mentari Elektric atau anda bisa membelinya secara online melalui situs websitenya.

Dengan membeli miniature circuit breaker di Sinar Mentari Elektric, maka kegagalan MCB yang beresiko dapat diminimalisir. Tidak hanya berkualitas saja, MCB yang disediakan oleh Sinar Mentari Elektric juga menawarkan harga yang terjangkau terlebih lagi merupakan produk yang original serta berstandar internasional maupun nasional.

Fungsi Utama MCB (Miniature Circuit Breaker)

  • Sebagai pemutus arus

Fungsi pertama dari MCB adalah sebagai pemutus arus listrik menuju arah beban. MCB sendiri dapat melakukan pemutusan arus secara otomatis maupun manual. Kedua cara tersebut bisa dilakukan dengan sangat mudah yaitu cukup dengan mengubah toggle switch yang terletak di depan MCB untuk yang manual dan yang otomatis akan memutus arus listrik sendiri ketika terdeteksi adanya arus berlebih.

  • Pelindung atau proteksi korsleting

Saat terjadi korsleting atau hubung singkat arus listrik, maka MCB atau miniature circuit breaker akan berfungsi sebagai pelindung atau proteksi. Korselting listrik yang terjadi dapat menimbulkan arus listrik yang teramat besar serta akan mengalair dalam sistem instalansi listrik, sehingga dibutuhkan komponen yang dapat melindunginya yaitu MCB.

MCB akan mendeteksi korsleting listrik dengan memanfaatkan bagian magnetic trip yang berupa solenoid, nantinya besar arus listrik yang mengalir akan membuat gaya tarik magnet pada solenoid yang kemudian akan menarik switch pemutus aliran listrik. Sistem kerja proteksi MCB sangatlah cepat, karena guna meminimalisir terjadinya kerusakan pada peralatan listrik yang lainnya.

  • Overload atau proteksi beban berlebih

Dan fungsi terakhir dari MCB adalah untuk proteksi beban lebih (overload). Fungsi yang satu ini akan bekerja ketika miniature circuit breaker mendeteksi kehadiran arus listrik yang berlebihan. Sebagai contoh, sebuah MCB mempunyai batas arus listrik sebesar 6A, akan tetapi arus listrik yang mengalir melalui MB tersebut lebih dari 6A, maka yang terjadi adalah miniature circuit breaker tersebut akan trip dengan delay waktu yang lumayan lama.

Untuk melakukan pendeteksian tersebut, MCB memanfaatkan bagian strip bimetal. Jadi, ketika arus listrik melewati bagian strip bimetal, maka akan bimetal tersebut akan menjadi panas dan memuai. Semakin besar arus listrik yang melewati, maka semakin panas pula bimetalnya, bahkan bisa membuat bimetal memuai atau melengkung. Dan pada akhirnya, MCB akan secara otomatis memutus arus listrik.

Demikianlah ulasan singkat mengenai fungsi atau kegunaan dari miniature circuit breaker (MCB) dalam instalansi listrik di rumah kita. Semoga informasi tersebut bisa menambah pengetahuan serta wawasan kita terutama mengenai MCB.

No Comments

Comments are closed.