Inilah Alasan Mengapa Bisnis Waralaba Makanan Berkembang Pesat di Indonesia

28/04/2018

Apakah anda ingin membuka usaha dengan modal kurang dari 10 juta? Mungkin sebagian dari anda sangat menginginkan untuk membuka bisnis dengan modal yang cukup terbatas tersebut. Namun apa yang mungkin  bisa membuka bisnis dengan modal segitu? Tentu hal tersebut sangatlah mungkin semenjak model bisnis waralaba sudah mulai menjamur di Indonesia. Diakui atau tidak, bisnis waralaba atau franchise ini sudah sangat banyak dan juga bervariasi di Indonesia. Bahkan sejak kemunculan bisnis waralaba ini pada tahun 1950-an, kian hari semakin banyak bisnis waralaba ini bermunculan, terlebih bisnis waralaba makanan dan minuman. Hal tersebut bisa anda buktikan ketika anda pergi ke keramaian, maka anda akan menemukan banyak sekali booth waralaba makanan dan minuman yang menjamur layaknya jamur pada musim hujan.

Mengapa Bisnis Waralaba Makanan Berkembang pesat?

Memang jika dibandingkan dengan produk waralaba yang lain, franchise makanan dan juga minuman ini pertumbuhannya sangat pesat sekali. Coba saja anda ke mall, pasti anda akna menemukan banyak booth makanan atau minuman yang banyak selaki. Booth atau gerai tersebut tidak lain dan tidak bukan merupakan hasil dari kerja sama kemitraan tersebut. Setidaknya ada beberapa alasan yang bisa anda ketahui mengapa bisnis franchise makanan ini berkembang begitu cepat. Apa saja itu? Check this out!

Modal Awal yang relatif terjangkau

Salah satu hal yang menjadikan alasan mengapa bisnis franchise makanan ini begitu cepat karena memang modal awal bisnis makanan ini memang tidak terlalu banyak. Jika anda mempunyai modal awal dibawah lima juta, maka anda akan mempunyai banyak pilihan bisnis franchise apa yang akan anda pilih. Dengan uang itu, ada beberapa jenis pemilik waralaba yang memberikan peralatan masak lengkap, pelatihan, bahkan booth untuk menjual makanan tersebut sehingga anda tinggal memulai untuk menjalankan usaha tersebut tanpa harus memikirkan bahan, peralatan dan yang lain.

Target Pasar Luas

Selain itu, alasan mengapa bisnis franchise ini bisa sangat berkembang pesat di Indonesia ialah target pasar atau segmentasi pasar yang sangat luas. Makanan merupakan kebutuhan pokok yang mana dibutuhkan oleh setiap individu untuk memenuhi kebutuhan setiap harinya. Terlebih, masyarakat Indonesia juga terkenal dengan orang yang suka jajan. Kedua hal tersebut jika berpadu, maka salah satu dampaknya ialah kebutuhan akan makanan atau jajanan yang banyak. Hal tersebut tentunya juga akan mempengaruhi pertumbuhan bisnis franchise makanan yang semakin pesat.

Misalkan saja, anda akan menjual mie ayam, maka sudah tidak menjadi rahasia lagi bahwa banyak orang yang suka dengan makanan ini, mulai dari anak-anak, orang dewasa. Karena target pasar yang luas dan banyak inilah yang membuat franchise makanan masih bisa bertahan bahkan bisa berkembang dengan pesat hingga saat ini.

Promosi relatif Mudah

Selain target pasar yang luas, salah satu hal yang membuat franchise makanan ini berkembang pesat ialah  promosi produk yang cukup mudah. Mempromosikan makanan memang cukup mudah dibandingkan dengan yang lain. ada bisa memberikan diskon pada awal pembukaan warung makan anda. dengan demikian, banyak orang akan mengenal produk anda dan akan membuat bisnis anda akan semakin berkembang pesat.

Itulah 3 faktor yang membuat waralaba makanan ini berkembang sangat pesat sekali di Indonesia. faktor itulah yang juga mengangkat perekonomian di Negara Indonesia meskipun masih dalam angka yang kecil.

No Comments

Comments are closed.